Pages

Senin, 21 Mei 2012

Tiga Gili Cantik Primadona Lombok

Pantai Gili Trawangan (Foto: Mutya/okezone)

GILI Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air adalah tiga pulau wisata di Lombok yang kerap disambangi wisatawan asing (wisman). Apa yang membuat mereka memfavoritkan destinasi ini?

Gili dalam bahasa setempat berarti “pulau”, yang kemudian menjadi nama Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air dalam pemerintahan Desa Gili Indah, Lombok. "Desa Gili Indah jumlah penduduknya 3.684 jiwa, jadi memang cukup sedikit," tutur Maruli, Kepala Desa Gili Indah, ketika ditemui di Villa Queen & Spa Gili Trawangan, baru-baru ini.

Dia mengatakan, nenek moyang penduduk Gili-gili ini adalah Suku Bugis dan juga Suku Sasak. Setiap Gili mempunyai sejarahnya sendiri, seperti Gili Air, dinamakan "Air" karena menurut Maruli, dulunya air di laut sekitar Gili tidak asin sehingga dapat dijadikan air minum.

"Kalau Gili Meno, itu sebenarnya nama aslinya Gili Cikno dari bahasa Bugis yang artinya ‘tempat pembuatan garam’," jelasnya. Gili Trawangan sendiri berarti “pulau penerawang” karena di pulau ini ada terowongan untuk menerawang musuh yang kini sudah ditutup.

Keindahan bawah laut dengan terumbu karang memang menjadi daya tarik utama gili-gili ini. "Padahal dulu, terumbu karang kami sempat rusak karena ada badai El Nino pada awal 1990an, namun hingga kini keindahannya masih mampu menarik turis," ujar Maruli.

Selain  keindahan alam, keramahan penduduk juga menjadi daya tarik utama Gili-gili ini. "Penduduk kami memang terkenal ramah terhadap wisatawan karena memang penghasilan utama kami dari sektor wisata," tukasnya. Selain itu, kebersihan juga menjadi hal utama yang terus dijaga oleh penduduk ketiga gili. "Kalau terumbu karang kotor, pantai kotor, siapa yang mau datang? Nanti kami juga yang akan dirugikan bila turis sepi," ujarnya.

Dulu, gili-gili ini memang benar-benar kalah pamor dibanding tetangga sebrangnya, yaitu Bali. Namun kini, menurut Maruli, sudah banyak wisatawan asing yang datang. "Memang, kebanyakan yang datang ke sini wisatawan mancanegara, biasanya untuk bulan madu atau diving," tukasnya. "Perairan gili-gili ini memang luar biasa untuk diving," tuturnya, bangga.

Di beberapa titik di tiga gili ini terdapat tempat penangkaran hewan laut. Contohnya, Gili Trawangan yang memiliki tempat penangkaran hiu dan penyu, Gili Meno yang memiliki tempat penangkaran penyu dan ikan lain.

"ikan-ikan di sini ramah, tidak takut bila dihampiri penyelam," yakin Maruli.

Sementara, Gili Air menjadi daya tarik penyelam karena keberadaan palung laut yang cukup dalam. Tak heran, bila gili-gili ini menjadi populer di kalangan wisman penyelam. Selain masih cukup sepi, alam bawah lautnya juga indah.
(ftr)

sumber : http://travel.okezone.com/read/2012/04/30/408/620923/tiga-gili-cantik-primadona-lombok


0 komentar :

Posting Komentar